Bupati Takalar Harap Masyarakat Selalu Terapkan Budaya hidup sehat

 



DHEANMEDIA.ID TAKALAR - Pemerintah Kabupaten Takalar melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Takalar menggelar Workshop penguatan intervensi lanjutan Program Indonesia Sehat dan Pendekatan Keluarga (PISPK) Tk. Kab. Takalar yang dibuka secara resmi oleh Bupati Takalar H. Syamsari,S.Pt.MM di Gedung PKK Kab. Takalar. Senin (28/9/2020) pagi. 


Workshop akan berlangsung selama tiga hari dari tanggal 28 sampai 30 September 2020 diikuti sebanyak 40 peserta terdiri dari para camat se Kabupaten Takalar, Para Kepala Puskesmas serta para pengelola program kesehatan. 


Dalam sambutannya, H. Syamsari mengemukakan diantaranya bahwa pemerintah, baik pemerintah Kabupaten, kecamatan dan desa/lurah bersama kader kesehatan harus melakukan pendekatan ke masyarakat melalui Pendekatan budaya, pendekatan para psikolog, pendekatan pemerintahan yang sifatnya pada aturan sehingga masyarakat bisa melakukan tata cara hidup yang sehat dan benar. 


"Kita harus kerja cerdas, kerja cepat, koperatif, pelibatan banyak orang, desa-desa diajari para camat bagaimana cara memberikan keteladanan kepada masyarakat kita berkolaborasi dengan puskesmas untuk bisa secepatnya membangun budaya yang sehat." Katanya.


Beliau berharap melalui workshop ini mudah-mudahan bisa menciptakan perubahan  dan harus sama-sama memajukan Kabupaten Takalar lebih baik lagi.


Sementara itu, Kadis Kesehatan dr. Rahma selaku Penyelenggara dalam laporannya menjelaskan  bahwa untuk saat ini arah pembangunan kesehatan nasional bergerak dari kuratif, promotif dan presentif sesuai kondisi dan kebutuhannya.


"Kami juga melaporkan bahwa Takalar telah meraih Wistata dan diharapkan di tahun 2021 Kabupaten Takalar bisa mempertahankan juara yakni Wistara karena adanya dukungan dan kolaborasi dengan seluruh stakeholder yang ada."jelasnya.


Lanjut dilaporkan bahwa tujuan dari pendekatan keluarga ini adalah mengintegrasikan seluruh program di Puskesmas, meningkatkan akses keluarga terhadap pelayanan kesehatan yang konfrehensif, mendukung pencapaian SPM kabupaten/kota, mendukung pelaksanaan JKM, mendukung tercapainya program indonesia sehat.


"Workshop dilaksanakan agar Puskesmas yang ada di Kabupaten Takalar dapat melakukan pendataan untuk seluruh keluarga yang ada di wilayah kerja masing-masing puskesmas."Tutup dr. Rahma dalam laporannya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel