Presiden Jokowi Lantik Muhammad Syafruddin Jadi Ketua MA di Istana Negara


DHEANMEDIA.ID JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Ketua Mahkamah Agung (MA) periode 2020-2025, di Istana Negara, Provinsi DKI Jakarta (30/4). Hari ini

Prosesi pelantikan Ketua Mahkamah Agung (MA) diawali dengan mengumandangkan lagu kebangsaan Indonesia Raya, kemudian dilanjutkan pembacaan Keputusan Presiden Republik Indonesia oleh Sekretaris Menteri Sekretaris Negara, Setya Utama. 

Muhammad Syarifuddin dilantik sebagai Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia, berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 41/P Tahun 2020 tentang pemberhentian dengan hormat Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Yudisial dan pengangkatan Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia. 

Keputusan Presiden (Keppres) tersebut ditetapkan di Jakarta 21 April 2020 oleh Presiden Joko Widodo. 

Usai pembacaan Keppres, acara dilanjutkan dengan pengucapan sumpah/janji oleh Ketua Mahkamah Agung terpilih di hadapan Presiden Republik Indonesia. 

Selanjutnya, acara dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara M Syarifuddin sebagai Ketua MA yang kemudian disahkan oleh Presiden Jokowi. 

Acara ditutup dengan ucapan selamat oleh Presiden Republik Indonesia diikuti oleh tamu undangan yang hadir. 

Untuk diketahui, Muhammad Syarifuddin terpilih sebagai Ketua MA periode 2020-2025, Senin (6/4), melalui mekanisme pemungutan suara yang digelar sebanyak dua putaran dalam sidang paripurna khusus beragenda tunggal pemilihan Ketua MA yang diikuti oleh 47 orang Hakim Agung. 

Turut hadir dalam prosesi pelantikan Ketua MA kali ini Menko Polhukam Mahfud MD dan Mensesneg Pratikno.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel