Bupati Luwu Dampingi Gubernur Nurudin Abdullah Tinjau Lokasi Calon Jalan Poros


KABARTIMUR.ID Luwu -- Kunjungan Gubernur Sulsel Prof. Nurdin Abdullah ke Luwu pada 29/05/19 pekan ini membawa misi besar untuk rakyat Wija To Luwu.

Bupati Luwu Drs. H. Basmin Mattayang, M.Pd mendampingi Nurdin Abdullah meninjau lokasi yang diagendakan bakal jadi calon jalan poros yang menguntungkan untuk kabupaten Se-Luwu Raya khususnya Kaabupaten Luwu tentunya.

Jalan ini adalah poros Palopo - Lebang - Rantepao, merupakan akses vital yang menghubungkan kawasan Luwu Raya dan Toraja. 

"Kekurangan jalur ini adalah jauhnya jarak tempuh kedua wilayah (sekitar 68 km), terlalu berkelak-kelok, juga rawan longsor, perlu 2 jam menempuh jalur ini," jelas Nurdin dalam komentarnya di salah satu media sosial.

Gubernur Sulsel mantan pentolan Kabupaten Bantaeng ini tak tanggung-tanggung membopong tim khusus dari Makassar untuk meninjau langsung jalan baru yang insyaa Allah menjadi jalan poros baru. "Jalan ini menghubungkan Bua - Pakkalolo - Bastem - Rantepao. Melalui jalan ini, akses ke Toraja - Palopo jauh lebih dekat, sekitar 38 km dgn jarak tempuh 45 menit hingga 1 jam," tambahnya.

"Selain memangkas jarak tempuh, jalur ini juga membuka wilayah Bastem yang terisolir. Insyaa Allah meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Kawasan Luwu Raya," imbuh Nurdin Abdullah.

Keuntungan lainnya adalah Bandara Bua dapat dimaksimalkan,  ditambah kapasistas bandara dan panjang landasan pacu. Bandara ini bisa menjadi penghubung untuk Luwu Raya, Toraja, Sulteng, Sulbar, dan Sultra.

"Insyaa Allah jalan ini sudah mulai pengerjaannya tahun ini. Doakan mudah-mudahan bisa segera selesai," tutup Nurdin Abdullah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel